About Us

VISI

Menjadi pusat pendidikan neurologi unggulan di bidang Neurovaskular dan Neuroinfeksi di tingkat regional dan nasional pada tahun 2021.

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan profesi dokter spesialis neurologi yang berbasis klinis dan teknologi pembelajaran modern dibidang Neurovaskuler dan Neuroinfeksi
  2. Menyelenggarakan pendidikan klinis dokter spesialis neurologi yang berorientasi pada perawatan pasien Neurologi khususnya di bidang Neurovaskuler dan Neuroinfeksi
  3. Menyelenggarakan penelitian dasar, terapan, dan pengkajian kebijakan yang inovatif untuk menunjang pengembangan pendidikan dokter spesialis neurologi yang berorientasi pengabdian masyarakat dibidang Neurovaskuler dan Neuroinfeksi
  4. Mendarmabaktikan keahlian dalam bidang ilmu pengetahuan, teknologi, humaniora terutama dalam bidang neurologi khususnya di bidang Neurovaskuler dan Neuroinfeksi  sebagai wujud pengabdian pada masyarakat
  5. Mengupayakan pengembangan sistem pendidikan yang berorientasi manajemen modern dan mutu yang akan meningkatkan kemampuan daya bersaing secara nasional dan internasional.

SEJARAH

Bagian Neurologi FK USU didirikan pada tanggal 1 September 1956 dengan diangkatnya alm. Prof. Mohammad Ildrem sebagai Guru Besar/ Kepala Bagian Neurologi Psikiatri, yang merupakan pendiri pertama Bagian Neurologi FK USU yang berlokasi Di RS Jiwa Jl. Timor Medan. Pada tahun 1974 didirikan Bagian Neurologi Persiapan yang dikepalai dr. H. Rambe dan dibantu 2 orang staf, dr. Syawaluddin Nasution dan dr. LBM Sitorus. Sejak tanggal 15 Januari 1976 Bagian Neurologi resmi berdiri sendiri dan tetap dikepalai oleh dr. H. Rambe dan segera melakukan pengembangan dengan menambah 5 orang staf, yaitu dr. Darulkutni Nasution, dr.Mukhtar Nasution, dr.Ahmad Syukri Batubara, dr. Adril Arsyad Hakim dan dr.Hasan Sjahrir. Sejak tahun 1977 Bagian Neurologi pindah ke kompleks Paru-Paru di RS Pirngadi Medan.

Sejalan dengan semakin berkembangnya Bagian Neurologi dan semakin lengkapnya sarana diagnostik yang tersedia seperti EEG dan EMG, sejak tahun 1990 Bagian Neurologi FK USU mulai berfungsi sebagai Pusat Pendidikan Program Studi Neurologi di bawah binaan FK UI. Sejak tanggal 11 Januari 1993 Bagian Neurologi FK USU pindah ke RSUP H. Adam Malik Medan, kemudian dilanjutkan dengan pengembangan sarana dan prasarana yang lebih lengkap termasuk tersedianya alat EEG, EMG dan Evoked Potential yang lebih baik. Berdasarkan rekomendasi Kongres Nasional Perhimpunan Dokter Spesialis Saraf (PERDOSSI) tahun 1993 di Bandung. Direktur Jendral Pendidikan Tinggi mengeluarkan keputusan No. 255/Dikti/Kep/1994 yang meresmikan Bagian Neurologi FK -USU sebagai Pusat Pendidikan Program Studi Neurologi FK USU  yang baru, dan merupakan pusat pendidikan neurologi ke-7 di Indonesia. Pada tanggal 23 Desember 1994, jabatan kepala bagian diserahterimakan dari dr.H.Rambe kepada dr.Darulkutni Nasution yang menjabat sebagai Kepala Bagian selama tiga periode (1994-1997, 1997-2000, 2000-2004) yang kemudian dilanjutkan oleh Prof.Dr.dr.Hasan Sjahrir,SpS(K) yang menjabat  sebagai Ketua Departemen Neurologi hingga 2010, dan kini dilanjutkan oleh dr.Rusli Dhanu, SpS(K). Dalam perkembangannya Bagian Neurologi kehilangan 2 orang staf, yaitu dr. Adril Arsyad Hakim yang pindah ke Sub Bagian Bedah Saraf FK USU  tahun 1997 dan alm. dr. Ahmad Syukri Batubara, yang meninggal dunia pada bulan Agustus 2001. Di samping itu juga dilakukan penambahan staf baru yaitu dr. Darlan Djali Chan, dr. Yuneldi Anwar dan dr. Rusli Dhanu yang ketiganya merupakan lulusan pertama Program Studi Neurologi FK USU. Departemen Neurologi juga kehilangan seorang guru besar di tahun 2015, yaitu Prof. dr. Darulkutni Nasution, SpS(K).

Dengan dikeluarkannya surat rekomendasi PB IDASI No. 0335/B/Sek/PP-IDASI/1993 tanggal 8 Juli 1993, surat usulan dari Konsorsium Ilmu Kesehatan (CHS) Depdikbud RI No. 1431/DN/P3S/1994  tanggal 17 Juni 1994, dan kemudian Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Depdikbud RI No. 255/DIKTI/Kep/1994 tanggal 16 September 1994, maka resmilah Bagian Neurologi Fakultas Kedokteran USU Medan menjadi tempat Program Studi Pendidikan Dokter Spesialis I Neurologi dan merupakan pusat pendidikan Neurologi ke-7 di Indonesia. Pada tanggal 2 April 2007 dimulai penyelenggaraan Program Studi Neurologi dengan Nomor SK Izin Operasional: 1230/UN.1.R/SK/PRS/2013, serta tanggal izin operasional 21 Agustus 2013.

Di bawah naungan Fakultas Kedokteran USU (FK-USU), pendidikan dilaksanakan oleh Departemen Neurologi FK-USU yang berada di bawah naungan Dekan FK-USU dan berkoordinasi dengan TKP (Tim Koordinasi Penyelenggara) PPDS-I FK-USU. Saat ini Prodi Neurologi FK-USU mempunyai 15 dosen tetap ( terdiri dari 7 orang staf pengajar sebagai pembimbing, 3 orang staf pengajar sebagai pendidik dan 5 orang staf pengajar sebagai penilai). Selain itu, ada juga 6 orang staf luar biasa. Dosen/ staf pengajar Prodi Neurologi terdiri dari 1 orang Guru besar dan 2 orang telah menyelesaikan Program Studi Doktor serta 5 orang staf pengajar yang bergelar Konsultan dari Kolegium Neurologi Indonesia.

Saat ini Departemen Neurologi sedang mendidik 41 orang peserta PPDS-I yang merupakan alumni dari FK USU, FK UISU, FK UNSYIAH, FK UMI, FK UNAND dan FK UNPAD. Dalam rangka pendidikan peserta PPDS-I, dikembangkan juga kerjasama dengan Departemen lain di lingkungan FK USU seperti Psikiatri, Ilmu Kesehatan Anak, Anestesi dan Reanimasi, Kardiologi, Rehabilitasi Medik, Endokrinologi, dan Bedah Saraf, juga dengan beberapa Rumah Sakit seperti dengan Bagian Radiologi RS Materna, RS Kesdam Putri Hijau, RS Haji Medan, RS FL Tobing Sibolga dan RS Sahudin Kutacane.

Departemen Neurologi Fakultas Kedokteran USU

RSUP H Adam Malik

Jl. Bunga Lau No. 17 Medan

No Telp/Fax : (061) 8360885